Selasa, 08 Mei 2012

Beranda




AIR TERJUN SEWERU MADIUN
Lokasi

Terletak di wilayah perkebunan kopi, tepatnya di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Propinsi Jawa Timur.
Air terjun Seweru, terletak di lereng gunung Wilis dan memiliki ketinggian sekitar 400 M dari permukaan laut dan luas sekitar 6 hektar.

Peta dan Koordinat GPS: 7°44'4"S   111°41'50"E
   Berjarak sekitar 25 km atau sekitar 40 menit berkendara dari pusat kota Madiun.  Untuk mencapai lokasinya, perlu sedikit kerja keras.  Kondisi jalanan di Desa Kare banyak yang belum beraspal dan penuh dengan tanjakan curam.  Mobil pribadi ataupun angkutan umum lainnya jarang terlihat melintasi daerah ini.  Hanya sepeda atau sepeda motor yang bisa dengan leluasa melalui jalanan berbatu-batunya.  Dari pusat kota Madiun, sebaiknya mengendarai sepeda motor, dengan mengambil jalan ke arah Dungus - Wungu - kemudian menuju Kare - Seweru (Slampir). Sedangkan jika dari kota Ponorogo tak perlu melewati pusat kota Madiun. Begitu melewati perempatan lalu lintas Tek'an (pintu masuk menuju pusat kota Madiun), langsung mengambil jalur langsung ke Manisrejo - kemudian Dungus - Wungu - Kare - Seweru (Slampir).

Sesampainya di desa Kare kendaraan yang dibawa harus dititipkan kepada penduduk setempat karena jalan menuju lokasi air terjun tidak dapat dilalui kendaraan.  Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak menuruni daerah perbukitan sejauh 1 km hingga tempat air terjun tersebut berada. Kondisi jalan setapak ini sempit, agak licin, sedikit curam, dan banyak yang tidak berpengaman sehingga bersentuhan langsung dengan tebing perbukitan.
Keindahan Air Terjun Seweru atau Serondo atau Selampir ini semakin elok dengan disertai dengan pemandangan hutan wisata disekitarnya. Ada juga obyek wisata agro yang bisa dikunjungi dengan beberapa tanaman perkebunan seperti; apel, Jeruk, bunga taman dan kebun cengkeh. Lokasi tidak jauh dari lokasi air terjun Seweru.


Tiket dan Parkir

Belum ada penarikan karcis masuk atau retribusi pembangunan di pintu masuk, hanya ditarik biaya parkir sebesar Rp 1000 per kendaraan.


Fasilitas dan Akomodasi

Tidak adanya petunjuk arah yang jelas di sekitar jalan untuk memandu perjalaann sampai ke lokasi sehingga menyulitkan menuju ke sana.  Juga di sekitar tempat ini belum ada penginapan maupun rumah makan yang layak disinggahi. Hanya ada arung makan yang ada disekitar air terjun akan tetapi tidak buka setiap hari, kecuali warung kecil di pintu utama sebelum masuk ke jalan setapak menuju lokasi air terjun yang juga menyediakan tempat parkiran bagi kendaraan pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar